ARC Pen, Pulpen Untuk Penderita Parkinson


Pasien parkinson menemukan harapan bagi kehidupan mereka dengan hadirnya pena yang disebut 'ARC Pen'. Sekarang ini, sejumlah ilmuwan merancang pena bagi orang dengan parkinson untuk mencegah goncangan tangan yang sering terjadi saat pasien menulis atau menggambar.

Ada banyak hal di dunia ini yang bisa dilakukan dengan mudah, seperti berjalan, berbicara, bahkan menggunakan tangan untuk mengetik di komputer atau menulis sesuatu. Namun tidak demikian pasien parkinson yang kemampuan motoriknya berangsur-angsur memburuk. (Baca: Wanita Ini Terkena Kanker Kulit Akibat Kecanduan Tanning)

Orang-orang dengan parkinson mengalami kesulitan untuk menulis atau menggambar. Tangan mereka bergetar dan mengalami kram saat menulis, yang mengakibatkan tulisan mereka sangat kecil dan susah dibaca. Kondisi ini disebut dengan Micrographia. Ketidakmampuan untuk melakukan hal tersebut dapat mengganggu dan membuat frustasi pasien parkinson. Oleh karena itu, sekarang ilmuwan merancang pena 'ARC Pen' yang dibuat untuk mencegah goncangan yang terjadi ketika pasien menulis ataupun menggambar.

"Kami mendengar cerita tentang betapa frustasinya mereka ketika bekerja, ketika mereka ingin menulis kartu, menandatangani dokumen, dan apapun yang dilakukan dengan menulis," ucap Lucy Jung, perancang produk 'ARC Pen' dikutip dari Medical Daily pada Senin (11/5/2015). (Baca: Cokelat Cegah Kantuk di Jam Kerja)

'ARC Pen' dirancang oleh perusahaan DOPA Solution dengan menggunakan getaran frekuensi tinggi untuk memijat tangan dan mencegah kram. Pada uji coba yang dilakukan pada 14 orang dengan Parkinson, ilmuwan menemukan bahwa 'ARC Pen' meningkatkan kemampuan menulis sebesar 86 persen.

DOPA Solution juga mencatat pada halaman website-nya bahwa "ARC Pen adalah pena pertama yang dirancang secara khusus untuk pasien Parkinson dengan kondisi Micrographia. Banyak orang dengan kesulitan kontrol motorik menyerah untuk menulis atau menggambar. Dopa Solution bertujuan untuk fokus pada kebutuhan tinggi tersebut untuk memberikan dampak besar bagi kehidupan orang-orang.
ARC Pen, Pulpen Untuk Penderita Parkinson ARC Pen, Pulpen Untuk Penderita Parkinson Reviewed by Redaksi on 6:26 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.