Ini Hal yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru




Turun ke Jalan dan Membunyikan Terompet 

Turun ke jalan dan membunyikan terompet adalah kebiasaan yang terjadi di malam tahun baru. Orang-orang berkerumun di suatu tempat menanti detik-detik pergantian tahun. Momentum seperti ini sangat dinantikan oleh kebanyakan orang.

Pesta Kembang Api

Hal yang umum dilakukan dalam menyambut tahun baru adalah menyalakan kembang api. Banyak orang yang tidak mau melewatkan melihat langit malam yang menjadi indah dan semarak oleh kembang api. Orang menantikan kembang api yang indah, berwarna-warni dengan berbagai bentuk dan bunyi-bunyian.

Membuat Api Unggun

Hal berikutnya yang lazim dilakukan saat menyambut tahun baru adalah membuat api unggun. Kegiatan ini hampir dilakukan oleh seluruh negara di dunia. Biasanya, api unggun juga diisi dengan membuat barbekyu, jagung bakar, ayam bakar dan lain sebagainya.

Membuat Resolusi

Kemudian, hal lainnnya yang dilakukan saat tahun baru adalah membuat resolusi untuk tahun yang akan datang. Resolusi ini biasanya target yang ingin dicapai di tahun depan seperti, bisa resolusi besar maupun kecil, misalnya ingin berhenti merokok, melunasi hutang, menurunkan berat badan, membeli gadget baru, menikah dan lain sebagainya. Ada yang dibuat dengan cara menuliskannya ada pula hanya berniat dalam hati.


Tukar Kado 

Masyarakat Turki punya tradisi tersendiri menyambut tahun baru. Biasanya, mereka (orang Turki) gemar bertukar kado di saat malam tahun baru. Hal itu sebagai bentuk apresiasi kebudayaan di negara tersebut. Kado yang lazim untuk ditukar adalah makanan tradisional khas Turki.


Menjatuhkan Bola

Mungkin kita sebagai warga Indonesia merasa aneh dengan kebiasaan menjatuhkan bola saat tahun baru. Namun tidak bagi masyarakat di kota-kota besar seperti Sydney, California, Hong Kong, Sacramento dan lain sebagainya. Kebiasaan ini sudah berjalan lebih dari 100 tahun dilakukan warga New York City di Times Square.

Makan Malam

Menghadiri undangan untuk makan malam dan merayakan Tahun Baru dengan teman, keluarga atau kolega. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh banyak perusahaan dan biasanya dilakukan di aula, balai pertemuan sambil menghitung mundur detik pergantian tahun.

Beribadah dan Berdoa

Hal unik yang dilakukan di malam tahun baru dan terdengar sangat bijaksana adalah beribadah dan berdoa. Dengan beribadah dan berdoa, kita berharap kepada Tuhan agar diberi kemudahan dan keberkahan di tahun yang akan datang. Tidak sedikit yang melakukan kegiatan ini, karena mereka sangat berharap tahun yang akan datang dapat lebih baik dari tahun yang sekarang dan hanya dapat berharap dari Tuhan.


Menonton Pergantian Tahun di Televisi

Pergantian cuaca yang tidak menentu dapat membuat malam tahun baru diguyur hujan. Maka hal dapat dilakukan untuk menyambut pergantian tahun hanya menonton televisi. Banyak stasiun televisi meliput siaran langsung menghitung detik-detik pergantian tahun.

Sumber foto: Kaskus

Ini Hal yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Ini Hal yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Reviewed by Redaksi on 9:45 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.