Solusi Tepat Atasi Mengantuk Saat Bekerja


Kantuk di siang hari merupakan hal yang dialami oleh sebagian besar orang, terutama bagi para pekerja yang duduk di depan perangkat komputer sejak pagi. Minimnya aktivitas berat membuat kita mudah mengantuk. Jika rasa kantuk mulai datang biasanya seseorang akan membuat minuman penawar rasan kantuk, yakni kopi. Namun, apakah kopi bisa benar-benar membuat anda terlepas dari rasa kantuk? Hal itu bisa ‘iya’ mungkin juga ‘tidak’. Sebab, penyebab kantuk bukan saja berasal dari mata yang lelah, melainkan otot dan syaraf-syaraf kitalah yang kurang aktivitas.

Kopi sering dianggap mujarab dalam mengatasi rasa kantuk. Hal itu mungkin benar, tapi jika terlalu banyak minum kopi tentu memiliki efek samping. Baru-baru ini sebuah studi di Australia mengemukakan bahwa olah raga di sela-sela bekerja dapat membuat tubuh anda kembali segar, dan rasa kantuk pun hilang. Daripada terlalu banyak minum kopi, rasanya olah raga lebih baik dilakukan guna menghilangkan rasa kantuk saat bekerja.

Jika keluar ruang kerja tidak dimungkinkan, olahraga di sela waktu bekerja dapat dilakukan dengan cara berjalan selama kurang lebih sepuluh menit di dalam ruangan. Misalnya, jika anda bekerja di sebuah gedung, anda dapat naik, dan menuruni lantai dengan tangga. Jika hal itu tidak dapat dilakukan juga, anda dapat berdiri dari tempat duduk kemudian melakukan peregangan otot selama kurang lebih sepuluh menit. Meski olahraga ringan, tentu dampaknya sangatlah luar biasa bagi tubuh kita.

Kemudian jika dimungkinkan ajaklah satu atau dua teman untuk berolah raga bersama, bahkan bos pun boleh diajak jika ia mau. Hal itu akan menambah energi positif, karena saat berolahraga bersama tentu akan timbul rasa kebersamaan, tak jarang gelak tawa juga dapat terjadi. Hal inilah yang membuat rileksasi pada otak bakal terjadi, sehingga pikiran dapat kembali segar.

Jangan beranggapan bahwa olah raga di sela waktu bekerja adalah kegiatan bodoh. Namun jika anda malu, anda dapat mencari ruang-ruang sepi di tempat anda bekerja untuk melakukan olah raga ringan. Sebenarnya anda tak perlu malu atau merasa bodoh, justru anda dapat jadi pencetus trend olah raga di sela waktu bekerja. Kedengarannya tips ini memang gila, namun ini adalah hasil penelitian medis oleh sejumlah dokter. Kini, saya pun mulai mempraktikan hal itu di tempat saya bekerja, dan untuk hasil awal cukup memuaskan.Rasa kantuk saya hilang setelah olah raga ringan.

Setelah berolahraga, tentu tubuh anda akan terasa lebih segar, dan kantuk pun hilang. Jika sudah demikian pekerjaan anda pun dapat dilanjutkan kembali. Masihkah anda berpikir bahwa minum kopi adalah solusi yang tepat? jika 'iya' rubahlah kebiasaan anda dengan berolahraga di sela waktu bekerja.
Solusi Tepat Atasi Mengantuk Saat Bekerja Solusi Tepat Atasi Mengantuk Saat Bekerja Reviewed by Redaksi on 5:52 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.