Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Salad



Salad sering dikatakan sebagai menu makanan paling sehat karena komposisinya terdiri dari beragam jenis sayuran. Tak heran jika salad dijadikan menu pilhan untuk pelaku hidup sehat. Cara membuat salad yang praktis juga jadi alasan mengapa menu makanan ini jadi favourit.

Meski anda termasuk ke dalam penggemar salad, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meracik menu makanan ini. Jangan sampai makanan yang dianggap sehat justru tidak mampu memenuhi kebutuhan asupan tubuh anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat atau meracik salad:

Tambah bahan makanan yang mengandung protein

Jika anda seorang vegetarian atau sedang menghindari daging, anda dapat menambahkan kacang, tahu, dan tempe ke dalam racikan salad. Mengapa demikian? Sebab dengan menambahkan kacang, tahu, dan tempe akan memberi anda asupan protein ke dalam tubuh. Jika anda bukan seorang vegetarian, racikan salad dapat anda padukan dengan suwiran daging ayam, tuna, atau daging cincang. Daging mengandung protein yang akan memberikan tubuh rasa kenyang.

Memenuhi kadar kalori cukup

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, tentu menghindari asupan kalori berlebihan. Namun kekurangan kalori juga tidak baik bagi tubuh anda. Tubuh anda akan terasa lemas, letih, dan lesu jika kekurangan kalori. Untuk itu, meski salad menawarkan kadar kalori rendah, jangan sampai anda mengabaikan kandungan kalori. Sebab tubuh anda juga membutuhkan kalori sebagai sumber tenaga.
Sebaiknya, pilihlah salad dengan kalori sekitar 400 – 600 kalori dengan porsi cukup dan komposisi beragam. Salad yang seperti ini akan jauh lebih mengenyangkan, karena tubuh juga butuh kalori.

Ragam sayur

Jenis sayuran yang biasa digunakan untuk salad hanya selada saja. Walau satu porsi salad sudah mengandung serat, folat, dan potassium, akan lebih baik jika menambahkan lebih banyak jenis sayur. Pilihlah bayam, brokoli, kol hijau, dan kol merah. Kadar vitamin dan mineral di dalamnya lebih beragam dan lebih banyak mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Lemak

Memakai kacang, biji-bijian, alpukat, dan minyak zaitun dalam racikan salad terlihat sehat dan bagus untuk tubuh. Keempatnya mengandung lemak yang menyehatkan. Karena terlihat sehat, maka seringkali kita mencampur semua makanan tersebut, apalagi dalam jumlah banyak. Hal inilah mengakibatkan asupan kalori yang tinggi.

Pilihlah satu atau dua sumber bahan makanan saja untuk dinikmati dalam jumlah yang wajar. Seimbangkan juga rasanya dengan menambahkan air jeruk lemon atau cuka apel.


Foto: selectasalad
Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Salad Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Salad Reviewed by Redaksi on 1:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.