Hamil 6 Bulan, Ibu Muda Ini Tetap Latihan Angkat Beban 40 Kg



Kondisi mengandung enam bulan tidak menghalangi pelatih kebugaran Revie Jane Schultz (24) menjalani aktivitas sehari-harinya, termasuk melakukan angkat beban. Ia bahkan memposting video di akun instagramnya di mana dia, dengan ditemani sang suami, melakukan latihan angkat beban seberat 40kg.

"Cuacanya amat panas dan pastinya saya sudah amat terhidrasi. Selain kipas angin, saya juga menyiapkan handuk basah untuk menjaga suhu tubuh tetap rendah. Berikut ini beberaa gerakan squat saya. Saya melakukan 6 set 5 backsquats dengan beban 40 kg. Rasanya cukup baik melakukan angkat beban saat ini," tulis Revie di akun instagramnya, @reviejane dan dikutip pada Rabu (30/12/2015).

Tak ayal, apa yang dilakukan Revie menuai beragam komentar dari para pengikutnya. Ada yang berpikir bahwa tidak seharusnya Revie melakukan angkat beban dalam kondisi berbadan dua. Ada pula yang menanyakan apakah olahraga itu aman untuknya. Sementara, penggemar Revie berusaha membela idolanya itu dengan menuliskan apa yang dilakukan Revie pastinya aman karena sudah didiskusikan dulu dengan dokter. (Baca: Beberapa Kelainan Ini Bisa Ganggu Kemampuan Motorik Anak)

Menanggapi komentar dari masyarakat, Revie menulis di laman facebooknya bahwa sebelumnya dia memang ragu-ragu untuk memposting fotonya saat berlatih angkat beban 40 kg. Bahkan dulu, Revie sering bertanya mengapa banyak temannya yang juga seorang pelatih kebugaran berhenti memposting sesi latihan mereka ketika hamil.

"Ternyata saya tahu sekarang alasannya. Setiap foto latihan yang diposting bisa mengundang decak kagum, komentar, atau justru tanggapan menyakitkan dari orang lain," tulis Revie.

Dalam tulisannya, Revie menegaskan bawa apa yang ia lakukan sudah dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter dan dokter mengatakan bahwa latihan itu aman. Lagipula, selama ini Revie memang sudah menjadi pelatih kebugaran. Olahraga juga diakui Revie ampuh untuk menjaga tubuhnya tetap bugar. Bahkan, beberaa waktu lalu Revie juga pernah berlatih angkat beban sampai 60 kg.

Kepada detikHealth beberapa waktu lalu, dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo mengatakan jika ibu hamil hendak olahraga atau melakukan aktivitas tertentu, pastikan dulu bahwa kehamilannya aman dan konsultasikan ke dokter sebelumnya.

"Pastikan kehamilan aman dulu. Intensitas olahraga juga coba dulu mulai dari yang dosisnya rendah lalu ditingkatkan pelan-pelan. Penting diingat kehamilan satu dengan yang lainnya beda-beda, jangan samakan. Bahkan anak pertama dengan berikutnya juga beda," kata dr Hari.

Sumber: detikhealth
foto: instagram/@reviejane
Hamil 6 Bulan, Ibu Muda Ini Tetap Latihan Angkat Beban 40 Kg Hamil 6 Bulan, Ibu Muda Ini Tetap Latihan Angkat Beban 40 Kg Reviewed by Redaksi on 6:07 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.