Manchester City Rilis Lambang Barunya


Manchester City telah resmi merilis lambang baru klub, yang akan mulai dipergunakan pada musim kompetisi 2016/17.

Badge terkini The Eastlands telah dipakai sejak 1997, namun tidak terlalu disukai fans. Usai membuka diskusi dengan kelompok suporter, akhirnya kubu Etihad sepakat melakukan pergantian logo.

Untuk pertama kalinya lambang anyar tersebut diungkapkan kepada publik pada Sabtu (26/12) ini, beberapa jam sebelum kick-off laga Boxing Day antara City dan Sunderland di Etihad.

Desain untuk emblem terbaru ini ditetapkan menyusul periode konsultasi selama 30 hari dan rentetan perkuliahan tentang sejarah lambang klub oleh Gary James selaku ahli sejarah Man City. Pada saat bersamaan, pihak klub juga menerima ribuan masukan dari fans guna mengetahui perubahan desain seperti apa yang mereka inginkan.

Modifikasi paling menonjol terletak pada desain utama yang berbentuk bulat, yang sudah dua kali digunakan dalam logo klub di masa lampau. Bentuk ini sendiri menjadi pilihan terpopuler selama proses konsultasi.

Warna khas klub tetap dominan dalam badge teranyar ini, dan ini juga menjadi corak yang paling banyak dipilih fans, yaitu warna biru dan putih. Adapun tiga simbol favorit fans juga menjadi bagian integral dalam lambang baru.

Ketiga simbol tersebut adalah kapal Manchester, tiga sungai - Irwell, Medlock, dan Irk, serta mawar merah, yang masing-masing dianggap paling mewakili klub dan kota Manchester.

Perbedaan mendasar juga terlihat dalam penulisan lengkap 'Manchester City' dan bukan lagi sekadar akronim MCFC. Ini lagi-lagi berdasarkan feedback dari fans yang kurang berkenan hanya melihat inisial dalam logo klub. Tahun berdirinya klub, 1894, untuk pertama kalinya dicantumkan dan dimaksudkan sebagai pengingat untuk warisan panjang dan keajekan klub.

"Klub ini mengetahui betapa pentingnya warisan mereka untuk fans dan telah memastikan fans yang diajak berkonsultasi tersebut sepenuhnya menyadari sejarah di balik simbol-simbol sebelumnya dan saya merasa memperoleh privilese untuk ambil bagian dalam proses tersebut dengan perkuliahan saya," ungkap Gary James dilansir laman resmi klub.

"Saya paling senang dengan desain yang telah muncul, merupakan lambang yang bisa dideskripsikan sebagai 'modern orisinal' - lambang yang autentik dengan klub dan kotanya, tapi dengan disertai sentuhan-sentuhan menghadapi masa depan."

Adapun Howard Bernstein selaku ketua eksekutif Dewan Manchester City menuturkan: "Yang membuat saya sangat senang khususnya adalah bagaimana kata-kata Manchester dan City menonjol dalam lambang ini. Dengan penyertaan tiga simbol regional yang menggugah yaitu kapal, tiga sungai, dan mawar, tak diragukan ini adalah lambang untuk sebuah klub yang terikat erat dengan kota tempatnya berada dan yang telah memberikan sangat banyak untuk kota tersebut."

Bagaimana pendapat pemain tentang badge anyar ini?

"Saya benar-benar antusias untuk segera mengenakannya. Ini hal baru. Inilah yang saya cintai tentang klub ini dan perjalanan yang telah saya tempuh sejak berada di sini. Selalu ada hal-hal baru dan menarik dan semua hal tersebut positif. Tidak berbeda dengan lambang ini. Saya pikir ini luar biasa," kata Joe Hart, kiper utama City dan yang paling lama mengabdi untuk klub dalam skuat terkini.


Sumber foto dan artikel: Goal
Manchester City Rilis Lambang Barunya Manchester City Rilis Lambang Barunya Reviewed by Redaksi on 11:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.